Mendidik dengan Kisah Lampau di Hari Pendidikan Nasional

0

Bapak Pendidikan dan pendiri perguruan Taman Siswa Ki Hadjar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei yang kini kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Nah, enaknya ngapain ya di Hari Pendidikan Nasional ini?

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah belajar sejarah!
Itu penting banget karena:

1. Praktik Bersyukur dan Bermudita
Kita bisa hidup damai dan bebas di Indonesia sekarang ini berkat perjuangan banyak pihak di masa lampau. Tentu perjuangan mereka merupakan sebuah bentuk kebajikan tersendiri yang pantas kita rayakan. Bangkitkan mudita terhadap kebajikan orang-orang yang telah berkorban demi masa kini kita sekarang dan syukuri apa yang kita miliki.

2. Bahan Merenung dan Menghindari Lubang yang Sama
Tentunya ada banyak tindakan heroik dan bajik yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam sejarah kita. Namun, ada pula tindakan-tindakan dan kejadian-kejadian yang lebih baik tidak terulang, baik di negara kita sendiri maupun dalam sejarah dunia. Dengan belajar sejarah, kita bisa merenungkan kejadian-kejadian tersebut dan menumbuhkan tekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Menumbuhkan Cinta dan Welas Asih Kepada Bangsa
Tak kenal maka tak sayang. Karena sejarah merupakan bagian dari identitas bangsa kita, maka bisa dibilang kita tidak ‘kenal’ dengan bangsa kita sendiri jika belum mempelajari sejarahnya. Dengan belajar sejarah, kita akan lebih mengenal bangsa kita sendiri, juga melihat orang-orang dari seluruh penjuru dunia berusaha mencari kebahagiaan dan mengalami penderitaan dalam prosesnya, sama seperti kita. Dari situ, kita bisa menumbuhkan cinta kasih dan welas asih kepada semua makhluk di seluruh dunia.

4. Membuka Wawasan dan Cinta Budaya
Dari belajar sejarah, kita akan mendapat banyak wawasan yang bisa membuka pikiran kita. Wawasan-wawasan ini juga sarat akan nilai-nilai budaya nan bajik yang akan memperkaya batin kita dan memberi kita semangat baru untuk melestarikan nilai-nilai tersebut kepada generasi berikutnya.

kamu bisa mulai membaca sejarah dari beberapa pilihan buku dibawah ini!

SEJARAH BUDDHISME DI INDIA
TIBET : SEBUAH HIKAYAT

Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us