Apa itu Lamrim?

 

Apa itu Lamrim? Lamrim atau Tahapan Jalan Menuju Pencerahan, merupakan sebuah risalah yang berisi ajaran Buddha Sakyamuni.  Lamrim disusun secara sistematis dan disajikan secara terstruktur sehingga mudah dipraktikkan untuk menuntun setiap orang mencapai pencerahan sempurna. Lamrim menyarikan seluruh ajaran Buddha tanpa membeda-bedakan aliran. Lamrim mengelompokkannya ke dalam topik-topik urut yang dapat menjadi panduan praktik Dharma dari awal hingga akhir.

Tradisi Lamrim yang dimulai oleh Yang Mulia Guru Atisha Dipamkara Srijnana adalah sebuah tradisi spiritual yang melestarikan ajaran Sang Buddha Sakyamuni melalui sebuah garis Silsilah Emas yang tak terputus dari Para Guru Besar zaman dahulu sampai dengan sekarang. Tradisi ini juga memiliki hubungan sejarah yang sangat kuat dengan Indonesia karena Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan, adalah tempat Guru Atisha (sekitar abad ke-11) tinggal dan belajar selama 12 tahun dengan Guru Akar Beliau, Swarnadwipa Dharmakirti, sebelum Beliau ke Tibet dan menyusun sebuah karya agung yang kemudian dikenal sebagai buku Lamrim yang pertama, yaitu “Pelita Sang Jalan Menuju Pencerahan” (Sansekerta: Bodhipathapradipa).

Dalam LAMRIM (sanskrit: Bodhipatapradipam) atau tahapan jalan menuju pencerahan, ajaran-ajaran Sang Buddha dikelompokkan ke dalam topik-topik urut. Hasilnya adalah peta yang memandu kita untuk mempelajari Buddha Dharma dari permulaan hingga tercapainya kebahagiaan sejati. Pelajari lebih lanjut di peta lamrim

Selain itu,secara garis besar, Lamrim (sanskrit: Bodhipatapradipam) terdiri atas 14 topik. Topik-topik itu seperti memanfaatkan kelahiran manusia yang berharga, mengingat kematian, merenungkan kelahiran di alam rendah, berlindung pada Triratna, merenungkan karma, merenungkan penderitaan samsara, merenungkan dukha dan penyebab dukha, jalan keluar dari samsara, merenungkan manfaat batin pencerahan, berlatih membangkitkan batin pencerahan, berlatih penyempurnaan paramita, dan Kebuddhaan. Pelajari lebih lanjut di Topik Lamrim

 

Catatan Tambahan

Jika kita mendapatkan pengalaman mendalam tentang Lamrim tidak akan ada dasar untuk masalah kehidupan; kita akan benar-benar bebas dari semuanya. Pertama kita harus memahami nilai Lamrim.Kemudian dengan dengan sukacita dan sabar melakukan meditasi kita akan secara bertahap mengalami buah dari praktek Lamrim. Akhirnya kita akan memperoleh kebebasan dari semua penderitaan dan kedamaian dan kebahagiaan yang tak pernah berubah dari pencerahan.