Kiat Kece Ala Bodhisatwa #2 – Sila Paramita

0

Praktik sila atau disiplin moral pada dasarnya adalah latihan menghindari tindakan negatif, mengumpulkan kebajikan, dan menolong makhluk lain. Yang dimaksud dengan tindakan negatif adalah hal-hal yang melukai diri sendiri ataupun makhluk lain. Moralitas adalah hal yang membedakan manusia dibanding makhluk lain seperti hewan, setan kelaparan, dan penghuni neraka. Karena itu, sila yang sempurna membuat kita bisa terlahir sebagai manusia di kehidupan mendatang.

Sila ada bermacam-macam, yang paling umum adalah Pancasila Buddhis. Selain itu, masih ada kelompok sila lain seperti attha sila, sila-sila biksu, sila bodhisatwa, tantra, dll. Semasa hidup, minimal kita harus memegang satu sila dan menjaganya dengan sempurna. Kita harus menjaga sila itu secara sadar, jadi kita harus mengingat sila apa yang kita jaga. Jika kita lupa, berarti kita tidak menjaga sila tersebut secara sadar. Meskipun kita tidak melakukan pelanggaran, kita tidak akan mendapatkan manfaat apapun.

Yuk sama-sama melatih sila!

 

Lamrimnesia berkomitmen untuk menyajikan berita dan pengetahuan seputar Buddhadharma dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dirancang khusus untuk generasi muda Buddhis masa kini. Ini adalah upaya kami untuk mendekatkan Dharma dengan generasi muda sehingga nilai bajiknya terus lestari dan membawa manfaat bagi banyak makhluk.

Ayo lestarikan Dharma bersama-sama dengan menjadi Dharma Patron (donatur) & Dharma Patriot (relawan) Lamrimnesia!

Anda dapat berdana ke:
Yayasan Pelestarian & Pengembangan Lamrim Nusantara
BCA: 0079 388 388
MANDIRI: 119 009 388 388 0

dan/atau mendaftarkan diri sebagai relawan ke:
Call Center Lamrimnesia - 081222816044

Ikuti juga Facebook, Instagram, & Youtube Lamrimnesia untuk mendapatkan konten Buddhis terbaru

Share.

About Author

214 views

Leave A Reply

WhatsApp us