JADI DHARMA PATRON, SOKONG MASA DEPAN GENERASI MUDA BUDDHIS INDONESIA

0

Jumlah umat Buddha di Indonesia sangat sedikit, yaitu hanya 0,74% saja dari keseluruhan penduduk, dan akan terus berkurang. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan dan jangkauan inovasi pendidikan agama Buddha untuk anak-anak. 

Pendidikan agama Buddha untuk anak-anak terbatas di sekolah minggu di wihara atau segelintir sekolah Buddhis yang persebarannya tidak merata. Orang tua juga tidak selalu punya waktu untuk mengantar anak ke wihara. Jadi, tak heran apabila anak-anak Buddhis menjadi terasing dari sosok Buddha dan ajaran bajiknya dan dengan mudahnya berpindah keyakinan ketika sudah dewasa.

Jika kita tidak melakukan sesuatu, anak-anak akan semakin terasing dari sosok Buddha beserta segala sifat-sifat luhur yang Beliau ajarkan. Kita juga akan kehilangan generasi penerus Buddhadharma di Nusantara. Anak-anak di masa depan akan kehilangan kesempatan untuk belajar cara mengatasi penderitaan sampai ke akar serta cara mengembangkan welas asih dha kebijaksanaan.

Menanggapi fenomena ini, Yayasan Pelestarian & Pengembangan Lamrimnesia (YPPLN) berupaya memperkenalkan kembali sosok Buddha kepada anak-anak Indonesia melalui:

  1. Menerbitkan dan menyalurkan buku Jataka Mala 2 
  2. Menyelenggarakan Buddha Goes to School (BGTS) 
Penerbitan dan penyaluran Jataka Mala 2

Jataka Mala 2 merupakan rangkaian kisah kelahiran lampau Sang Buddha. Setiap kisahnya menceritakan perjuangan heroik calon Buddha (Bodhisatwa) untuk melatih sifat luhur seperti kemurahan hati, moralitas, kesabaran, upaya bersemangat, konsentrasi, dan kebijaksanaan demi menolong semua makhluk. 

Kisah-kisah Jataka bisa kita temukan di relief Candi Borobudur sehingga dapat dikatakan bahwa Jataka bukan hanya milik umat Buddha, tapi juga telah meresap ke dalam nilai hidup yang dijunjung oleh bangsa kita sejak zaman dahulu kala.

Rincian buku:

Judul: Jataka Mala 2
Penyusun: Marie Mesaeus-Higgins
Spesifikasi: 148 x 210 mm, vi+79 halaman, soft cover
Jumlah Cetak: 10.000 eksemplar (dicetak bertahap)
Kategori: buku tak berbayar
Target Penerima: pelajar, sekolah minggu Buddhis, pemohon individu  

Buku akan dibagikan kepada anak Buddhis Indonesia tanpa dipungut biaya, salah satunya dalam kegiatan Buddha Goes to School.

Buddha Goes To School (BGTS)

Buddha Goes to School adalah program menghadirkan Buddha ke sekolah-sekolah melalui kisah Jataka Mala yang didongengkan oleh kakak-kakak pengajar yang baik hati kepada pelajar beragama Buddha. Selain mendapatkan cerita, anak-anak akan mendapatkan buku Jataka Mala tanpa dipungut biaya.

Nilai-nilai bajik yang terkandung dalam Jataka Mala seperti kepahlawanan, keyakinan terhadap Triratna, keyakinan terhadap hukum karma, serta sifat-sifat luhur yang dikisahkan di dalamnya secara langsung tersaji dalam bentuk cerita sehingga anak akan menjadi senang belajar dan dengan mudah menyerap nilai tersebut. 

Rincian kegiatan:

Periode kunjungan: Agustus 2022–Juli 2023
Target sekolah: 18 sekolah di Jabodetabek & 6 sekolah di luar Jabodetabek
Target peserta: 8.500 siswa
Materi: Jataka Mala 2
Pengajar:

  1. Edy Huang
  2. Dita Setiawan
  3. Rika Lenawaty
  4. Silvia
Anggaran dan Alokasi Dana

Dana yang Anda berikan akan disalurkan untuk kegiatan S A P A:
– Penerbitan & Penyaluran Buku Dharma (S ALUR)
– Penyelenggaraan Kegiatan Dharma (A JAR & P ROMOSI)
– Mobilisasi Dharma Patriot & Biaya Operasional (P ROMOSI & A JAK)

Kami Butuh Bantuan Anda!

Program Buddha Goes to School membutuhkan dukungan untuk mobilisasi ke sekolah-sekolah di berbagai wilayah di Indonesia serta pengadaan buku Jataka Mala 2 yang akan dibagikan kepada anak-anak Buddhis di sana. Kami sangat membutuhkan bantuan Anda agar program ini bisa menjangkau lebih banyak tempat dan menyentuh lebih banyak anak Buddhis di Indonesia.

Dukung penerbitan Jataka Mala 2, program Buddha Goes to School, dan aktivitas pelestarian Dharma lainnya dengan menjadi Dharma Patron Lamrimnesia!

Dharma Patron atau donatur Lamrimnesia adalah penyokong kegiatan pelestarian dan pengembangan Dharma di Nusantara yang dijalankan Lamrimnesia melalui dukungan materi. 

Cara Partisipasi
  1. Pilih paket donasi:

Upeksha – sukarela
Maitri – Rp200.000,-
Karuna – Rp500.000,-
Mudita – Rp1.000.000,-

  1. Transfer ke:

BCA 0079 388 388 atau MANDIRI 119 009 388 388 0
A.n. Yayasan Pelestarian dan Pengembangan Lamrim Nusantara

*Tambahkan Rp5,- pada nominal donasi Anda

  1. Konfirmasikan dana ke:

> klik tautan lamrimnesia.org/dpatron5, atau
> kirim bukti transfer ke Lamrimnesia Care dengan keterangan “DharmaPatron5”

Lamrimnesia berkomitmen untuk menyajikan berita dan pengetahuan seputar Buddhadharma dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dirancang khusus untuk generasi muda Buddhis masa kini. Ini adalah upaya kami untuk mendekatkan Dharma dengan generasi muda sehingga nilai bajiknya terus lestari dan membawa manfaat bagi banyak makhluk.

Ayo lestarikan Dharma bersama-sama dengan menjadi Dharma Patron (donatur) & Dharma Patriot (relawan) Lamrimnesia!

Anda dapat berdana ke:
Yayasan Pelestarian & Pengembangan Lamrim Nusantara
BCA: 0079 388 388
MANDIRI: 119 009 388 388 0

dan/atau mendaftarkan diri sebagai relawan ke:
Call Center Lamrimnesia Care - +6285 2112 2014 1

Ikuti juga Facebook, Instagram, & Youtube Lamrimnesia untuk mendapatkan konten Buddhis terbaru

Share.

About Author

29 views

Leave A Reply

WhatsApp us