SEALF 2019 – Guru Dharma Nusantara Telah Kembali Pulang

0

oleh Silvi Wilanda

Hari ini, di tahun ke-30 sejak kedatangan Beliau pertama kali, Dagpo Rinpoche kembali mengajar Lamrim di Indonesia dalam acara Southeast Asia Lamrim Festival (SEALF) 2019 di Gedung Prasadha Jinarakkhita. Saat Beliau memasuki ruangan pengajaran Dharma, suasana terasa penuh hikmat. Saya merasakan rasa haru dan bakti seluruh peserta SEALF 2019 saat itu. Saya sendiri ketika melihat Rinpoche merasakan berbagai macam perasaan: haru, rindu, serta rasa tak percaya bahwa Beliau, sang Ayah Laksana Mentari Dharma datang kembali mengajar di Indonesia.

Mengingat sudah 4 tahun lamanya sejak pertemuan terakhir, Dagpo Rinpoche mengingatkan bahwa pertemuan kali ini adalah hal yang luar biasa. Hal luar biasa ini tentunya harus dimaknai dengan luar biasa pula, yakni dengan mendengarkan Dharma dan mengumpulkan kebajikan dengan serius dan benar. Lebih lanjut, Rinpoche mengingatkan para peserta SEALF 2019 untuk tidak terpengaruh oleh berbagai pikiran negatif (klesha), seperti kemarahan, iri hati, dan sebagainya. Beliau juga mengingatkan kita untuk senantiasa mendengarkan Dharma dengan motivasi untuk menolong semua makhluk.

Setelah itu, Guru Dagpo Rinpoche menjelaskan secara singkat mengenai teks Pembebasan di Tangan Kita. Kemudian penjelasan dilanjutkan dengan sejarah kejayaan Buddhisme di Indonesia. Dulu, Guru Atisha datang ke Indonesia dari India untuk memperoleh ajaran dari Guru Suwarnadwipa Dharmakirti. Setelah memperoleh ajaran, Beliau kemudian mengajar di Tibet. Dengan demikian, Guru Dagpo Rinpoche sendiri datang untuk mengembalikan ajaran tersebut ke Indonesia. Sangat tersirat jelas ketulusan pada wajah Rinpoche saat Beliau mengucapkan niat tersebut.

Rinpoche akan memberikan transmisi dan pengajaran berdasarkan Teks Lamrim Mārga Krama-Vimocana-Hasta (Pembebasan di Tangan Kita) karya Phabongkha Rinpoche pada tanggal 11-18 November 2019.

Untuk mengikuti pengajaran, hubungi:

  1. Lia Erika (+62 815-7025-762)
  2. Sariputra (+62 877-8254-3387)
    Internasional:
    Antonio (+62 812-2433-8208)

Informasi acara juga dapat diakses di lamrimretreat.id.

Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us