Membaca Energi & Mengubah Hidup bersama Bude Novi

0

(sumber website http://www.budenovi.com/)

“Membaca itu adalah Hidup, karena dari membaca kita tahu tentang kehidupan”

Seorang yang hangat dan penuh senyum, Noviana Kusumawardhani, atau yang lebih sering disapa Bude Novi, adalah seorang ibu dan pembaca Tarot yang sekarang ini tinggal di Ubud, Bali. Dengan moto beliau yaitu “mengedepankan kreatifitas dalam hidup”, Bude Novi telah berkiprah di bidang kreatif selama 15 tahun. Beliau meniti karir sebagai produser, copywriter, sampai creative director pada advertising agency multinasional seperti Grey Jakarta (1994-1996), Dentsu Young Rubicam (1996-2000), Leo-Burnett Jakarta (2000- 2001), dan BBDO Indonesia (2001 – 2007). Karya-karya Beliau telah mendapatkan penghargaan baik nasional maupun internasional. Beliau juga pernah menjadi dosen tamu untuk Strategi Kreatif dan lokakarya di banyak sekolah komunikasi terkemuka seperti Atmajaya Jakarta & Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Mercubuana dan Imago Advertising School.

Bagi seorang Bude Novi, orang-orang sering salah kaprah dengan menganggap bahwa ilmu membaca kartu tarot adalah suatu ‘ramalan’. Bagi beliau, sebenarnya ilmu tersebut lebih ke arah membaca energi seseorang yang terkoneksi dengan alam semesta. Beliau menjadi seorang tarot reader dengan motivasi membantu orang lain dalam menemukan potensi diri mereka, juga sebagai alat ‘menyembuhkan luka-luka jiwa’ sehingga seseorang menjadi seorang manusia yang seutuhnya. Bude Novi yang memiliki latar belakang keluarga dengan budaya Jawa, memang memiliki sensitifitas dalam hal ‘rasa’ yang sangat dibutuhkan seorang tarot reader, hal ini dikemukakan oleh orang-orang yang telah berkonsultasi dengan beliau.

Kini Bude Novi sudah meninggalkan dunia karir untuk menapaki jalan perkembangan spiritual. Hal ini dilakukan beliau sambil mengasah bakat Beliau pada penulisan kreatif, tarot, astrologi, penyembuhan energi, dan tari-tarian. Saat ini Bude Novi menjadi pengajar senior di Cinta Bahasa, bekerja paruh waktu di Bali Spirit Festival sebagai manajer media, dan membantu Yayasan Kryasta Guna dalam program seni dan budaya. Perjalanan hidup beliau bisa memberikan inspirasi bagi kita semua untuk selalu mengikuti panggilan hati, beliau meninggalkan dunia karir yang penuh hiruk pikuk untuk pengembangan spiritual diri dengan melayani orang lain.

Sebagai seseorang yang memilih jalan hidup yang anti-mainstream, Bude Novi tetap berpendapat bahwa membaca merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Bagi Bude Novi, membaca itu adalah hidup karena dari membaca kita tahu banyak tentang kehidupan. Karena itulah walaupun memiliki banyak aktifitas, Bude Novi tetap menyempatkan diri untuk membaca paling tidak 4 buku dalam sebulan.

“Hanya dengan membaca kita bisa berpikir seluas jagad raya dan berhati sedalam samudera,” demikian kata Bude.

Selain membuka pikiran dan hati, aktivitas membaca juga menjadi penghubung bagi Bude Novi dengan kedua anaknya di tengah segala kesibukannya. Bude akan berbagi tentang pengalaman Beliau yang satu ini di acara Nusantara Dharma Book Festival tanggal 23-24 Februari 2019 di Waterfront Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara. Acara ini merupakan bagian kampanye “Buka Buku Buka Mata” dari Lamrimnesia yang bertujuan meningkatkan minat baca generasi muda demi Indonesia yang cerdas, toleran, dan bahagia. Selain dapat berbincang-bincang dengan Bude Novi dan berbagai pembicara mumpuni lainnya, pengunjung dapat membuka mata dengan beragam buku-buku tentang kearifan timur serta sejarah dan budaya Nusantara yang dapat membuka wawasan dan memperdalam kebijaksanaan.

 

“Acara ini bisa menjadi gerbang pengetahuan tanpa batas ke semesta ilmu pengetahuan tentang Dharma,” kata Bude Novi.

Simak pendapat Bude Novi dan kegemarannya membaca pada video berikut ini:

Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us