Surat Untuk Tony Stark di Luar Angkasa

0

Dear Mr. Tony Stark,
di Luar Angkasa

Mr. Stark yang baik,
kami dari Lamrimnesia turut berduka cita atas kekalahan Avengers dari Thanos dan pasukannya. ‘Berduka cita’ sebenarnya tak cukup menggambarkan rasa sedih kami. Separuh umat manusia telah lenyap. Kekalahan Avengers berarti kekalahan seluruh umat manusia.

Saat ini Anda berada di situasi sulit. Anda terjebak di pesawat luar angkasa tanpa makanan dan minuman. Persediaan oksigen hampir habis. Rekan super Anda yang tersisa pun hampir tidak mungkin menolong Anda, apalagi kami di bumi yang hanya manusia biasa. Meski demikian, kami yakin masih ada harapan bagi Anda dan seluruh umat manusia. Dalam pesan ini kami sertakan nasihat dari guru kami–Sang Buddha–yang merupakan pahlawan super yang pernah dan masih berjuang untuk menyelamatkan semua makhluk. Kami yakin nasihat-nasihat ini bisa membantu Anda untuk menarik manfaat penuh dari situasi Anda sekarang.

1. Ingat Anda memiliki kelahiran sebagai manusia yang amat berharga.

Jika Anda terlahir sebagai hewan, setan, atau makhluk neraka, Anda tentu tidak bisa mengembangkan Stark Industries atau menjadi Iron Man dan menolong orang banyak. Demikian pula jika Anda terlahir sebagai dewa. Meski dewa memiliki berbagai kekuatan, sangat kecil kemungkinan Anda akan berpikir untuk melakukan banyak hal seperti yang telah Anda lakukan sekarang. Nyatanya hanya Thor dan segelintir dewa lainnya yang cukup peduli dan mau berjuang demi alam semesta. Sebagian besar baru bergerak ketika kehidupan mereka sendiri terancam.

Sebagai seorang insinyur, filantropis, maupun pahlawan super, Anda telah berbuat banyak hal yang membawa manfaat besar bagi banyak makhluk. Itu semua bisa Anda lakukan karena Anda terlahir sebagai manusia dengan potensi tak terbatas. Bersukacitalah atas setiap prestasi Anda tersebut satu per satu. Selain mengisi sisa waktu Anda dengan sukacita dan mengusir pikiran negatif, barangkali mengingat karya Anda di masa lalu bisa menginspirasi Anda sehingga menemukan cara untuk keluar dari situasi Anda saat ini sehingga bisa kembali beraksi dan menyelamatkan alam semesta.

2. Renungkan kematian dan ketidakkekalan.

Anda baru saja kehilangan rekan dan sahabat-sahabat Anda. Anda sendiri pun berada di ambang kematian. Tak ada lagi momen yang lebih pas untuk mengembangkan kebijaksanaan Anda dengan merenungkan hakikat dari segala hal di dunia, yaitu ketidakkekalan.

Kematian itu pasti terjadi. Anda telah menyaksikan sendiri, bahkan manusia berkekuatan super seperti Dr. Strange dan Spiderman pun tak berdaya ketika ajal menjemput. Sama halnya dengan Loki, Heimdall, dan banyak dewa lainnya. Mereka pun tak berdaya di hadapan kematian.

Waktu kematian juga tak pasti. Separuh umat manusia sedang melakukan aktivitas sehari-hari yang jauh dari bahaya, tapi tiba-tiba ada entitas yang bahkan tak mereka ketahui keberadaannya yang memusnahkan mereka dalam satu jentikan jari. Tak satu pun di antara mereka sadar bahwa mereka akan mati saat itu!

Saat ini Anda juga berada di ambang maut. Faktor pendukung kehidupan Anda hampir habis sementara faktor penyebab kematian begitu banyak–malfungsi pesawat, kebocoran oksigen, serangan tak terduga dari luar, dan sebagainya. Jika Anda benar-benar merenungkan kematian-kematian yang telah Anda saksikan, Anda pasti bisa menyadari ketidakkekalan dari segala fenomena. Dengan demikian, Anda akan bisa mengurangi klesha kemelekatan sehingga penderitaan akibat kehilangan akan berkurang.

Saat ini Anda terjebak di luar angkasa. Aset Stark Industries yang melimpah ruah tak bisa menyelamatkan Anda. Sahabat-sahabat Anda yang tersisa pun tak bisa menjangkau Anda. Jika Anda benar-benar kehilangan nyawa saat persediaan oksigen habis besok, harta maupun sahabat dan keluarga tak dapat mengikuti Anda. Ini juga merupakan kenyataan yang dapat Anda renungkan, bahwa saat ajal menjemput, harta maupun sahabat dan keluarga tak dapat mendampingi Anda menghadapi kematian.

Perenungan ini tentu tidak bertujuan untuk membuat Anda makin berputus asa. Tujuan perenungan ini adalah untuk mengurangi penderitaan karena perpisahan, juga untuk mengingatkan bahwa di saat kematian, hanya kebajikan dan ketidakbajikan Andalah yang akan menemani Anda berhadapan dengan Raja Kematian.

3. Ingatlah bahwa kebajikan membawa kebaikan, ketidakbajikan membawa penderitaan.

Mr. Stark, Anda adalah seorang pahlawan yang berjuang demi alam semesta. Hal ini merupakan kebajikan besar. Apalagi saat ini pun Anda sedang dalam proses untuk menyelamatkan dunia. Hukum karma pasti bekerja. Sangatlah mungkin karma bajik Anda berbuah dalam waktu dekat sehingga Anda selamat dan bisa kembali bekerja bersama rekan-rekan Avengers yang tersisa untuk memperbaiki kerusakan yang dibuat oleh Thanos. Dedikasikanlah segala hal bajik yang pernah Anda lakukan untuk tujuan tersebut. Sang Buddha dan banyak guru-guru agung juga mendedikasikan kebajikan mereka untuk mencapai kesempurnaan demi menolong semua makhluk dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Anda pun pasti bisa melakukan hal yang sama!

Di sisi lain, penderitaan Anda saat ini pastilah hasil dari ketidakbajikan yang pernah Anda lakukan di masa lampau. Anda sendiri menyadari bahwa Anda pernah dikuasai oleh keangkuhan. Dalam perjalanan Anda sebagai pahlawan super, tak sedikit juga makhluk yang terluka karena tindakan Anda. Sekarang Anda masih bisa menerapkan 4 kekuatan purifikasi untuk melemahkan dampak dari ketidakbajikan yang pernah Anda lakukan. Keempat kekuatan itu adalah membangkitkan perasaan menyesal, berjanji tidak mengulangi kesalahan, melakukan kebajikan yang berkebalikan dari kesalahan yang Anda lakukan, serta berlindung pada Triratna dan membangkitkan Bodhicita–tekad yang didasari welas asih agung untuk menyelamatkan semua makhluk dari penderitaan. Dengan menerapkan 4 kekuatan tersebut, walaupun perjuangan Anda harus berakhir di sini, ketidakbajikan Anda akan melemah dan kebajikan Anda akan menjadi lebih dominan sehingga Anda bisa meraih kelahiran yang bahagia di kehidupan mendatang dan kembali berkarya demi kebaikan alam semesta.

Mr. Stark, sekian surat dari kami. Semoga surat ini sampai dan bermanfaat bagi Anda. Kami di bumi juga akan berusaha mengumpulkan kebajikan sehingga dapat membangkitkan energi positif guna mendukung usaha Anda dan para Avengers untuk menyelamatkan dunia.

Sarwa Manggalam,
Redaksi Lamrimnesia

Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us