7 Manfaat Membaca

0

Ada satu pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum melanjutkan artikel ini.
Seberapa sering Anda membaca buku? Mungkinkah semua sumber bacaan Anda berasal dari sosial media?

Jika Anda termasuk orang yang jarang membaca buku, maka Anda pasti melewatkan 7 manfaat membaca buku berikut ini.

1. Stimulasi Mental

Membaca membantu mencegah penyakit gangguaningatan seperti Alzheimer dan dementia/pikun. Sama halnya seperti tubuh kita, otak juga membutuhkan aktivitas atau olahraga agar tetap sehat dan segar. Aktivitas membaca yang rutin membuat otak kita aktif berpikir, sehingga memperkecil kemungkinan untuk mengalami gangguan ingatan.

2. Mengurangi Stres

Kita mungkin saja menemui banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari, baik itu masalah yang disebabkan oleh teman kantor, atasan, atau bahkan pasangan. Dengan membaca sesuatu yang menyenangkan seperti novel, komik, dan sebagainya, stres Anda akan berkurang dan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

3. Menambah Pengetahuan

Ketika Anda membaca, Anda mengumpulkan banyak sekali informasi baru. Tanpa disadari, informasi yang terkumpul dari membaca akan menjadi pengetahuan yang bisa membantu Anda di banyak kesempatan.

4. Memperbanyak Kosakata

Semakin banyak membaca, semakin banyak pula kata-kata baru yang dapat kita temukan dalam suatu bahan bacaan, Hal ini akan membantu Anda mengungkapkan atau menjelaskan gagasan-gagasan Anda dengan lebih baik.

Jika Anda dapat berbicara dengan baik, luwes, dan memiliki banyak pengetahuan, kesempatan Anda untuk maju di jenjang karier juga akan semakin besar.

5. Memperbaiki Memori

Saat membaca suatu kisah di buku, misalnya novel, kita harus mengingat jalan cerita, karakter, dan lokasinya dengan baik untuk dapat membayangkannya dengan baik. Hal ini sepertinya sulit untuk dilakukan jika kita melakukannya dengan keadaan sadar, namun jika kita membaca seperti biasanya, otak kita akan mampu menangkap semuanya dengan baik tanpa kita sadari.

6. Mengasah Pemikiran Analitis

Pernahkah anda membaca novel yang berlatar belakang kisah pembunuhan misterius, yang mengandung banyak teka teki yang mengharuskan anda untuk berpikir dan menerka-nerka jalan ceritanya?

Membaca cerita seperti ini jelas membantu otak kita untuk problem solving, mencari segala kemungkinan yang ada, yang pada akhirnya membantu kita untuk menentukan kesimpulan dari jalan cerita tersebut. Voila! Pemikiran analitis kita pun terlatih.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Dalam waktu 5 menit, kita bisa melakukan banyak hal tanpa disadari. Misalnya ketika kita sedang melakukan suatu pekerjaan, dalam 5 menit kita mungkin dapat memeriksa email, mengecek ponsel, memeriksa komentar di sosmed, atau bahkan ngobrol dengan rekan kerja. Hal ini dapat membuat anda stress karena terlalu banyak hal yang terjadi dalam waktu yang singkat dan kesulitan untuk fokus.

Jika Anda membaca, semua perhatian akan tertuju pada buku atau bahan bacaan. Hal ini membuat anda lebih fokus dan tidak meletakkan pikiran pada hal lain selain buku karena anda harus melibatkan diri Anda sendiri untuk memahami detail isi buku. Cobalah untuk mengambil waktu selama 10-15 menit untuk membaca sebelum memulai aktivitas Anda dan rasakan konsentrasi Anda meningkat dan aktivitas Anda menjadi lebih lancar.


Nah, sudah tahu kan 7 manfaat yang bisa Anda dapat dari membaca buku? Kalau Anda masih jarang membaca, yuk mulai dari sekarang!

Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us