Kontribusi Nyata Mahasiswa Buddhis Membina Dusun Krecek

0

oleh Tim KMBUI

Desa Binaan Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia (KMBUI) merupakan program kerja dari Komisi Pengabdian Masyarakat KMBUI yang bertujuan untuk melakukan intervensi dan pembinaan secara langsung kepada suatu kelompok masyarakat yang dilakukan dalam bentuk community development. Tahun ini, Desa Binaan KMBUI kembali bertempat di Dusun Krecek yang terletak di Desa Getas, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2021 dengan mengangkat tema “Membawa Perubahan Melalui Semangat dan Kasih”. Dusun Krecek memiliki keunikan di mana mayoritas warganya beragama Buddha dan masih melestarikan berbagai tradisi dan budaya yang mereka miliki, seperti Anjangsana dan Nyadran.

Seperti yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, Desa Binaan KMBUI membantu peningkatan perekonomian warga Dusun Krecek dengan memaksimalkan pemasaran kopi yang merupakan salah satu sumber daya agraria utama di Dusun Krecek. Bekerja sama dengan Indonesian School of Entrepreneurship (ISE), Desa Binaan KMBUI juga memberikan pembinaan sumber daya manusia melalui pelatihan kewirausahaan yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 September 2021 – 11 November 2021.

Rangkaian acara Desa Binaan KMBUI 2021 resmi dibuka dengan acara Grand Opening yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juli 2021 melalui live streaming Youtube UKM KMBUI. Acara ini berisi motivational talk yang dibawakan oleh Roby Oktober, pembacaan kesan pesan dari anggota KMBUI untuk warga Dusun Krecek, kuis berhadiah yang dapat diikuti oleh seluruh partisipan Grand Opening, serta giveaway buku yang disponsori oleh Lamrimnesia.

Acara berikutnya adalah Apa Kabar Krecek, yaitu kegiatan bincang-bincang hangat antara warga Dusun Krecek dengan anggota KMBUI melalui aplikasi Zoom Meeting pada tanggal 15 Agustus 2021.

Pada tahun ini, Desa Binaan KMBUI 2021 membawakan satu kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu Sosialisasi Parenting. Sosialisasi ini diadakan pada tanggal 23 Agustus 2021 melalui platform Google Meet dengan tema “Pengasuhan Orang Tua dalam Perkembangan Anak Usia Dini di Masa Pandemi”. Kegiatan sosialisasi ini mengundang Farraas Afiefah Muhdiar sebagai narasumber yang merupakan seorang psikolog klinis anak dan remaja. 

Kemudian, rangkaian Desa Binaan KMBUI 2021 ditutup dengan acara Grand 

Closing yang diselenggarakan melalui live streaming Youtube UKM KMBUI pada tanggal 4 September 2021. Acara ini diisi dengan pemutaran video persembahan dari Desa Binaan KMBUI untuk warga Krecek. 

Lamrimnesia berkomitmen untuk menyajikan berita dan pengetahuan seputar Buddhadharma dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dirancang khusus untuk generasi muda Buddhis masa kini. Ini adalah upaya kami untuk mendekatkan Dharma dengan generasi muda sehingga nilai bajiknya terus lestari dan membawa manfaat bagi banyak makhluk.

Ayo lestarikan Dharma bersama-sama dengan menjadi Dharma Patron (donatur) & Dharma Patriot (relawan) Lamrimnesia!

Anda dapat berdana ke:
Yayasan Pelestarian & Pengembangan Lamrim Nusantara
BCA: 0079 388 388
MANDIRI: 119 009 388 388 0

dan/atau mendaftarkan diri sebagai relawan ke:
Call Center Lamrimnesia - 081222816044

Ikuti juga Facebook, Instagram, & Youtube Lamrimnesia untuk mendapatkan konten Buddhis terbaru

Share.

About Author

125 views

Leave A Reply

WhatsApp us