Dharmacamp 2017: Menerjemahkan Dharma Untuk Indonesia

0
Pada tanggal 28-30 Juli 2017, Yayasan Pelestarian dan Pengembangan Lamrim Nusantara (Lamrimnesia) akan mengadakan kegiatan “Dharmacamp 2017: Easily Learn and Share Dharma” di Graha Jhana Manggala, Bogor. Dalam acara ini, peserta akan diajak berkontribusi langsung dalam pengembangan Buddhadharma Indonesia dengan menerjemahkan serta menyunting teks Dharma yang nantinya akan diterbitkan dan disebar ke seluruh Indonesia. Acara ini merupakan pembinaan dan pelatihan penerjemahan teks Dharma pertama di Nusantara dan akan menelurkan pemuda-pemudi yang menjadi pelopor berkembangnya Buddhadharma di Nusantara. Selain itu, dalam acara ini juga diadakan chanting untuk membangkitkan motivasi yang bajik, permainan untuk membangun keakraban, penjelasan tentang teknik penerjemahan dan bincang Dharma yang disampaikan oleh pembicara ternama.
Kegiatan Dharmacamp ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah umat Buddha di Indonesia selama beberapa dekade belakangan, yaitu kurang dari 1% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya akses dan bahan pembelajaran mengenai Buddhadharma itu sendiri. Akibatnya, sulit sekali untuk mendapatkan pemahaman dan praktik yang tepat akan Dharma, khususnya bagi umat Buddha yang tinggal di daerah pelosok. Akibatnya, keyakinan mereka terhadap Triratna pun berkurang atau merosot.
Saat ini, kebanyakan konten-konten Dharma yang tersedia, masih hanya dalam bahasa asing. Ini merupakan salah satu penyebab sulitnya mendapatkan konten Dharma yang berujung pada menurunnya jumlah umat Buddha di Indonesia. Melalui acara Dharmacamp ini, Lamrimnesia ingin mengajak orang-orang, khususnya muda-mudi Buddhis, untuk menjadi solusi bagi permasalahan tersebut dengan menerjemahkan teks Dharma. Menerjemahkan teks Dharma juga meningkatkan pemahaman penerjemahnya terhadap Dharma yang menyebabkan berkembangnya welas asih dan kebijaksanaan sehingga dapat memberi manfaat bagi diri mereka sendiri dan orang banyak.
Pendaftaran kegiatan “Dharmacamp 2017: Easily Learn and Share Dharma” dapat dilakukan secara online di bit.ly/Dharmacamp2017 paling lambat tanggal 21 Juli 2016.
Informasi tambahan:
Informasi Acara: http://lamrimnesia.org/2017/07/12/dharma-camp-2017-learn-and-share-dharma/
Facebook/Instagram: Lamrimnesia
Narahubung: Steven (Hp/WA +62-812-5597-638) | Ricky (Hp/WA +62-878-7602-0415)
Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us