NOBARBEKU Lamrimnesia: Buddha The True Superhero

0

Sudah nonton Avengers: Endgame? Pasti sudah, dong. Kalaupun belum, kamu pasti sudah tahu ceritanya karena masa larangan spoiler sudah lewat. Tapi sudahkah kamu nonton Avengers: Endgame sambil belajar Dharma? Kalau yang satu ini, cuma peserta nonton bareng dan bedah buku “NOBARBEKU” Lamrimnesia yang pernah! Tapi tenang, buat kamu yang tidak sempat ikut, kamu bisa tahu seperti apa nonton bareng sambil bedah buku Dharma di liputan ini!


Hari Minggu siang, para peserta NOBARBEKU telah berkumpul di bioskop Lippo Mall Puri untuk acara pertama, yaitu nonton bareng Avengers: Endgame. Film pamungkas dalam fase 3 serial Marvel Cinematic Universe ini mengisahkan perjuangan para Avengers mengembalikan bumi ke sediakala sebelum Thanos melenyapkan separuh populasi bumi 5 tahun sebelumnya. Perjuangan mereka berhasil, namun tidak tanpa pengorbanan. Pada akhirnya, tetap ada yang harus berkorban demi kebaikan orang banyak.


Setelah selesai nonton, para peserta pindah ke Backspace Co-working Space untuk mengikuti bedah buku “12 Aktivitas Agung Sang Begawan”. Buku ini berisi penjelasan 12 aktivitas agung yang dilakukan oleh Buddha Shakyamuni, guru para dewa dan manusia yang telah mencapai penerangan sempurna, berdasarkan riwayat Beliau yang diabadikan dalam Sutra Lalitawistara dan Sutra Winayaksudraka. Y. M. Biksu Bhadra Ruci menuturkan kembali penjelasan dalam sutra-sutra tersebut dalam bahasa yang dapat dengan mudah kita pahami, kemudian dirangkum menjadi buku “12 Aktivitas Agung Sang Begawan” oleh Stanley Khu.


Di kesempatan ini, Dharmaduta dan guru Edy Huang yang akrab disapa Ko Edy membedah buku tersebut kepada 34 peserta NOBARBEKU yang didominasi anak muda. Di awal penjelasannya, Ko Edy membahas sekilas tentang film yang baru saja ditonton. Ia menjelaskan bahwa setiap pahlawan super dalam Avengers membawa ego masing-masing, tapi ketika mereka bergabung dan melepaskan ego tersebut, kejahatan dapat dikalahkan. Pembahasan ini kemudian dihubungkan dengan topik bedah buku tentang Buddha. Sang Buddha bisa diibaratkan semua pahlawan super yang bergabung menjadi satu sosok dan memiliki 84.000 cara untuk mengatasi segala permasalahan manusia, alias 84.000 pintu Dharma yang mengatasi segala kotoran batin yang menjadi sebab penderitaan kita.


Selanjutnya, Ko Edy mulai membedah buku dengan memberikan sneak peek dan penjelasan singkat dari 12 aktivitas agung Buddha yang ada di dalam buku. Ko Edy juga menjelaskan berbagai trivia menarik dalam riwayat Sang Buddha yang belum pernah diceritakan sebelumnya. Dua belas aktivitas Buddha ini menggambarkan kepahlawanan Buddha yang bekerja demi membebaskan semua makhluk dari penderitaan samsara, bukan dari penderitaan di kehidupan ini saja. Ini membuktikan bahwa Buddha adalah true superhero melebihi pahlawan super manapun.
“Acaranya bagus, bisa mengumpulkan umat Buddhis sebanyak ini. Apalagi acaranya variatif, bisa kepikiran nonton bareng dan bedah buku,” kata Leonaldy, salah satu peserta NOBARBEKU, “Saya jadi tahu riwayat Buddha lebih lengkap dari yang sudah saya tahu sebelumnya.”

Ingin tahu seperti apa 12 Aktivitas Agung Buddha yang melebihi para Avengers?Dapatkan buku “12 Aktivitas Agung Sang Begawan: Riwayat Buddha Berdasarkan Sutra Lalitawistara dan Winayaksudraka” di Lamrimnesia Store!

Share.

About Author

Leave A Reply

WhatsApp us