Syair Syair Realisasi Pencerahan, Ulasan atas Baris Baris Pengalaman Je Tsongkhapa

PENGALAMAN JE TSONGKHAPA

“Menimbang bahwa ajaran ini memadatkan intisari dari semua kitab, mengajarkan, melafalkan, dan mendengarkannya bahkan sekali saja pasti akan menghasilkan aneka manfaat yang tak terhitung dari menjelaskan dan mendengarkan semua ajaran sempurna; renungkan arti penting dari hal ini!”

-Baris-Baris Pengalaman, Bait 8-

Untuk menjadi orang yang baik, makhluk unggul yang bisa membaktikan diri membantu semua makhluk, kita butuh melatih batin kita. Namun, bagaimanakah cara berpraktik yang tepat agar kita bisa memanfaatkan waktu yang singkat di kehidupan ini? Temukan jawabannya dalam pedoman praktis dari Syair-Syair Realisasi Pencerahan—ulasan oleh Dagpo Rinpoche atas Baris-Baris Pengalaman.

Baris-Baris Pengalaman sendiri adalah salah satu dari tiga teks akar Lamrim yang bersumber dari perenungan dan realisasi pribadi Raja Dharma Agung, Je Tsongkhapa. Beliau merupakan guru agung yang dipercaya dapat berkomunikasi langsung dengan Arya Manjushri. Gubahan Lamrim ini muncul sebagai buah kekhawatiran Je Tsongkhapa bahwa akan ada orang yang kesulitan memahami ajaran yang terkandung dalam teks Pelita Sang Jalan Menuju Pencerahan karya Guru Atisha. Awalnya, Je Tsongkhapa mengarang Lamrim Chenmo, Lamrim Menengah, dan pada akhirnya Baris-Baris Pengalaman, versi paling singkat yang hadir untuk membantu memahami kompleksitas Dharma dalam bahasa yang sederhana. Meski singkat, 25 bait puitis dalam teks ini mampu mengulas Pelita Sang Jalan dengan jernih dan gamblang. Penerbitan ulasan akan teks ini diharapkan dapat menuntun kita dalam menyelami tiap bait realisasi oleh Je Tsongkhapa dan mengikuti teladannya.

Anda dapat memperoleh buku ini melalui:

Kabar Dharma

Google Play Book

Lamrimnesia Store

Tokopedia

WhatsApp us