Memahami Duka dan Terbebas Darinya, Sebuah Ulasan atas Empat Kebenaran Arya

EMPAT KEBENARAN ARYA

Dalam sebuah petikan di Uttaratantra, Arya Maitreya berkata “Sakit adalah sesuatu yang harus dikenali. Jika kita tak tahu kalau kita sakit, kita takkan mau minum obat, mencari dokter, dan lain-lain untuk menjadi lebih baik.” Akan tetapi, seberapa sadarkah kita tentang sakit karena samsara yang kita alami?

Saat beraktivitas, kita sering kali menghabiskan waktu untuk mengamati hal-hal yang terjadi di luar diri dan menyalahkan orang lain atas ketidaknyamanan yang kita rasakan. Padahal, masalah terjadi karena kita kurang mengamati batin yang penuh dengan klesha yang menyakiti kita. Kita sering kali gagal mengenali ‘kebenaran ihwal penderitaan’. Dari 84 ribu aspek Dharma yang sudah dibabarkan Buddha, Empat Kebenaran Arya merupakan intisari ajaran yang akan membantu kita untuk mengenali penderitaan dan memperoleh jalan menuju kebahagiaan sejati.

Buku ini hadir untuk memberikan penjelasan mengenai duka sebagai hakikat dari keberadaan kita di dalam samsara, asal-mula duka, lenyapnya duka, dan jalan menuju lenyapnya duka dengan merenungkan kematian, mengenali karma dan klesha, serta mengatasi kemelekatan. Pada akhirnya, perenungan topik Empat Kebenaran Arya tidak hanya akan membangkitkan tekad untuk senantiasa menumbuhkan faktor mental bajik, tetapi juga mendorong kita menjadi sosok berkapasitas sempurna yang mampu membebaskan semua makhluk dari penderitaan

Anda dapat memperoleh buku ini melalui:

Kabar Dharma

Google Play Book

Lamrimnesia Store

WhatsApp us