Lamrim: Buddhisme Lengkap dan Sistematis

Data buku:

Judul                   :Lamrim: Buddhisme yang Lengkap dan Sistematis
Penulis                :Dagpo Rinpoche
Ketebalan Buku : xii + 73 hlm
Dimensi buku     :20.8×14.5×0.5 cm
Cetakan             : I
Tahun Terbit      :Desember 2012
<a href=”http://store.lamrimnesia.com/product/lamrim-buddhisme-yang-lengkap-dan-sistematis/”>LIhat di toko</a>

<hr />

Ketika seseorang memutuskan untuk mulai mempraktikkan Buddhisme secara serius, atau menunjukkan ketertarikan untuk mengenali ajaran ini, biasanya mereka akan jatuh ke salah satu dari dua kategori: pertama, mereka yang menjadi ragu atau takut begitu melihat banyaknya literatur dan sumber belajar yang tersedia, beragamnya aliran, serta sulitnya menemukan referensi umum yang mencakup berbagai hal esensial secara luas. Kedua, mereka yang menganggap bahwa melakukan praktik langsung dan beramal jauh lebih baik daripada berkutat dengan teori dan dogma.

Kedua kategori ini sama-sama menghadapi masalah. Kelompok pertama bisa jadi urung melanjutkan eksplorasi mereka dalam Buddhisme. Kelompok kedua rawan terjebak praktik yang salah dan sia-sia. Inilah ranah yang ingin dituju “Lamrim: Buddhisme yang Lengkap dan Sistematis”, sebuah buku kecil setebal 70 halaman yang membawakan ringkasan intisari ajaran Buddhis secara ringkas namun padat.

Lamrim, sebagaimana diperkenalkan pada awal buku, adalah ajaran yang diwariskan turun temurun dalam sebuah silsilah agung, sehingga menghapuskan keraguan pembaca akan reputasinya. Berawal dari tradisi lisan, buku ini merupakan pengejawantahan ajaran yang diutarakan Dagpo Rinpoche pada kunjungannya ke Bandung pada tahun 2001.

Terbagi atas lima bab, “Lamrim: Buddhisme yang Lengkap dan Sistematis” menjelaskan sejarah Lamrim, luhurnya dilahirkan sebagai manusia, renungan mengenai kematian dan ketidakkekalan, kekuatan berlindung pada Triratna, serta jenis-jenis praktisi. Catatan kaki dan referensi silang bertebaran sepanjang buku sebagai saran bacaan lanjutan.

Meskipun ringkas, buku ini berhasil memperkenalkan inti-inti ajaran Buddhis dan cara menuju kesempurnaan. Pembaca yang tertarik dapat kemudian menelusuri lagi masing-masing konsep yang diajarkan, kini dengan bekal yang cukup. Tak hanya itu, di akhir buku tersedia pula catatan alur setiap bab untuk memperkuat pemahaman.

“Lamrim: Buddhisme yang Lengkap dan Sistematis” cocok sekali untuk praktisi pemula yang baru mengenal Dharma, peminat ajaran Buddha secara umum, maupun kalangan umum yang ingin mengenal agama Buddha dari dekat.

(Ditulis oleh: Lisa Santika Onggrid)

<hr />

&nbsp;

WhatsApp us