Karma

Judul :Karma
Penulis :Dagpo Rinpoche
Ketebalan Buku : iv + 122 hlm
Dimensi buku :19x13x0.7 cm
Cetakan : III
Tahun Terbit :Desember 2005
Lihat di toko


Karma adalah sebuah konsep agama Buddha yang telah menjadi kosakata sehari-hari, bahkan bagi masyarakat yang bukan praktisi Buddhisme. Namun, konsep ini seringkali disalahpahami. “Karma”, sebuah catatan dari kelas pembabaran Dharma oleh Dagpo Rinpoche (Malaysia, 29-30 Januari 2000) disusun untuk memberi pencerahan pada aspek penting ini.

Karma yang diketahui di kalangan masyarakat umum biasanya hanya terkait hal-hal buruk. Namun, karma seyogyanya terbagi tiga: karma hitam, karma netral, dan karma putih. Masing-masing merupakan akibat dari perbuatan dan kondisi di masa depan adalah akibat dari karma, sehingga ucapan,”Ini karma saya,” ketika sesuatu yang buruk terjadi adalah salah kaprah. “Karma” mulai dari membetulkan definisi karma, kemudian bergerak untuk memperkenalkan jenis-jenis karma dan bagaimana masing-masing dapat mempengaruhi kondisi dan situasi. Setiap penjelasan jenis karma diikuti pula dengan contoh dan studi kasus untuk menambah pemahaman pembaca.

Karma adalah cermin untuk melihat masa lalu dan akan datang. Ternyata, konsep karma yang kita kira sederhana ternyata menyimpan berbagai detil halus yang mudah terlewatkan atau diremehkan. Padahal, mengenal konsep karma dengan baik sangatlah penting dalam pembelajaran Buddhisme, karena melalui konsep inilah seseorang dapat mengerti dengan menyeluruh mengapa dan untuk apa filosofi Buddhisme ada. Pendalaman konsep karma juga diharapkan dapat mengentaskan keraguan seseorang dalam mencerna logika dan filosofi Buddhisme.

Sebagai transkripsi dari ceramah lisan, “Karma” amatlah lugas dan tidak berputar-putar. Bahasanya tidak rumit sebagaimana pandangan awam terhadap buku ajar Buddhis. Selain itu, buku ini terbagi atas segmen-segmen kecil yang dapat memudahkan pembaca untuk mencerapnya perlahan-lahan. Selain itu, terdapat pula belasan tanya-jawab tentang topik yang berkaitan dan implementasi teori dalam buku pada kehidupan nyata, termasuk tentang perbedaan aliran dan isu feminisme!

Buku ini cocok untuk siapapun yang ingin memperkaya pengetahuan tentang karma dan caranya bekerja, serta sejauh apa karma membentuk hidup kita. Dengan pengetahuan yang lebih utuh, kita dapat mengatur karma kita, dan menjadi lebih awas dalam setiap perkataan maupun tindakan, sehingga menjadi seorang pribadi yang lebih baik.


Data buku:

WhatsApp us