Lamrim Intisarining Tripitaka

Tak peduli seberapapun banyaknya variasi dari ajaran yang diberikan oleh Buddha, semua variasi ajaran Buddha tersebut hanya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menghentikan penderitaan semua makhluk dan menuntun mereka semua pada kebahagiaan yang tertinggi atau kebahagiaan yang sejati. Tidak ada satupun ajaran Buddha yang tidak bertujuan untuk itu.

Lamrim (Tahapan Jalan Menuju Pencerahan) ditulis pertama kali oleh Guru Atisha. Di dalam Lamrim, Guru Atisha mengelompokkan ajaran Sang Buddha berdasarkan motivasi penganutnya, yang akan dijelaskan dengan rinci di sini. Kita bisa melihat betapa briliannya Guru Atisha, apa yang diajarkan beliau bisa mengakomodasi semua aliran yang ada pada waktu itu, bahkan hingga zaman sekarang, di abad 21 ini. Pentingnya Tahapan Jalan ini dijelaskan dengan berbagai contoh dan analogi sehingga pembaca bisa menangkap dengan jelas.

Tamparan yang cukup keras akan kita rasakan ketika Sang Buddha mengajarkan bahwa umat yang hanya memikirkan kebahagiaan pada kehidupan ini saja, bukanlah seorang praktisi Dharma. Lalu, apa yang dikategorikan sebagai seorang praktisi?

Silsilah yang tak terputus dari Sang Buddha juga dijelaskan dengan sangat jelas. Apa pentingnya memiliki silsilah yang tak terputus, kemudian siapa saja guru-guru silsilah Lamrim ini hingga sampai kepada guru spiritual kita? Semua hal ini akan dijelaskan juga.

Dagpo Rinpoche telah menjelaskan dengan sangat baik sehingga buku ini bisa bermanfaat bagi yang baru ataupun yang sudah mengenal Lamrim. Pemahaman yang semakin mendalam dan keyakinan yang semakin kuat merupakan manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca buku ini.

Anda dapat memperoleh buku ini melalui:

Lamrimnesia Store

WhatsApp us